Menu Close

Ternyata Ini Alasan Layar 120Hz Berguna Banget!

layar-120hz

Ternyata itu sebabnya layar 120Hz sangat berguna!

layar-120hz

Samsung menghadirkan teknologi layar terdepan pada seri Samsung Galaxy Note20. Salah satu inovasi pada layar seri Galaxy Note20 adalah teknologi Variable Refresh Rate (VRR).

Galaxy Note20 Ultra, varian tertinggi dari seri Galaxy Note20, menjadi smartphone pertama di industri yang menampilkan layar OLED dengan teknologi VRR. Teknologi tersebut dikembangkan langsung oleh salah satu divisi Samsung, Samsung Display.

VRR memungkinkan layar memiliki fungsi kecepatan adaptif yang berguna dalam menentukan kecepatan refresh terbaik untuk setiap penggunaan smartphone. Dengan teknologi VRR, layar Galaxy Note20 Ultra dapat secara otomatis menerapkan kecepatan refresh variabel. Tidak hanya refresh rate tertinggi tetapi juga yang lebih rendah agar sesuai dengan penggunaan perangkat pengguna.

Misalnya, ketika pengguna membuka aplikasi game, layar Galaxy Note20 Ultra menerapkan kecepatan refresh tertinggi 120 Hz untuk memberikan kecepatan respons yang sangat cepat tanpa jeda dan untuk menampilkan visual yang menyenangkan. Ini menawarkan pengalaman bermain game yang menarik bagi pengguna.

Setelah bermain game, pengguna mungkin ingin menonton beberapa tutorial video yang akan meningkatkan keterampilan bermain game mereka atau konten yang akan memberi mereka hiburan tambahan. Di sinilah layar Galaxy Note20 Ultra menurunkan kecepatan refresh menjadi 60Hz, memungkinkan pengguna memasang resolusi layar tertinggi, yaitu QHD+, yang memberikan pengalaman menonton terbaik.

Saat pengguna membuka aplikasi pesan instan karena banyaknya notifikasi pesan masuk, layar Galaxy Note20 Ultra menurunkan kecepatan refresh lagi menjadi 30Hz. Kemudian ketika pengguna membuka galeri dan melihat foto-foto di dalamnya, Galaxy Note20 Ultra akan menyesuaikan layarnya dengan kecepatan refresh kembali dengan menurunkannya menjadi 10 Hz.

Kemampuan kustomisasi layar Galaxy Note20 Ultra memungkinkan penghematan daya lebih efisien. Alasan untuk ini adalah bahwa perangkat tidak harus terus menggunakan kecepatan refresh tertinggi sepanjang waktu. Ini berarti Galaxy Note20 Ultra juga selangkah lebih maju dari persaingan, terutama dalam hal manajemen masa pakai baterai.

Secara keseluruhan, layar OLED dengan teknologi VRR dapat mengurangi konsumsi baterai sekitar 22% dibandingkan layar jenis lain. Selain itu, ketika layar Galaxy Note20 Ultra menggunakan kecepatan refresh terendah 10 Hz, perangkat hanya menggunakan sekitar 40% dari daya baterai yang biasanya diperlukan saat perangkat menjalankan pengaturan layar default.

Dengan cara ini, Galaxy Note20 Ultra dapat memberikan daya baterai yang lebih besar untuk aktivitas pemrosesan lainnya dan menemani pengguna dalam semua aktivitasnya sepanjang hari.

Fitur kecepatan refresh adaptif seri Galaxy Note20 menggarisbawahi komitmen Samsung terhadap inovasi yang dapat mengubah industri. Satu hal yang konsisten dilakukan seri Galaxy Note sejak awal perjalanannya.

Ditambah dengan Dynamic AMOLED 2X, seri Galaxy Note20 benar-benar mampu memanjakan mata pengguna, menjadikan perangkat ini cocok sebagai penggerak harian bagi konsumen Indonesia yang mengutamakan produktivitas dan pengalaman hiburan terdepan dari sebuah smartphone.

Bagi konsumen yang tertarik merasakan layar adaptif Galaxy Note20 series, generasi terbaru Galaxy Note series telah resmi hadir di Indonesia sejak 21 Agustus 2020. Galaxy Note20 dibanderol seharga Rp. 14.499.000. Sedangkan Galaxy Note20 Ultra versi 256 GB dibanderol dengan harga Rp 17.999.000. Dan versi 512 GB dibanderol Rp 19.999.000. (amr)

Sumber :