Menu Close

Teknik Membuat Kerajinan Tanah Liat

Teknik-Membuat-Kerajinan-Tanah-Liat

Teknik Membuat Kerajinan Tanah Liat

Teknik-Membuat-Kerajinan-Tanah-Liat

Cara membentuk tanah liat dapat dengan menggunakan beberapa cara, yaitu:

  • Tanah liat bisa dibentuk dengan cara menggunakan tangan langsung (tanpa menggunakan alat) cara ini dilakukan dengan cara memijat-mijat tanah liat.
  • Tanah liat dibentuk dengan menggunakan alat buat mencungkil atau penoreh. Alat pencungkil atau penoreh ini dapat dibuat sendiri dengan menggunakan bahan bambu atau kayu. Bisa juga dengan menggunakan pisau atau disebut dengan membutsir (yang akan menjadi pembasan dalam artikel ini).
  • Bisa juga dengan menggunakan alat putaran, nan digunakan sebagai alat buat membuat keramik, gentong, vas kembang dan lain sebagainya.

Membutsir

Membutsir ialah suatu kegiatan membentuk tanah liat dengan menggunakan alat pencungkil. Sebelum membutsir, tanah liat nan digunakan harus dibersihkan. kemudian tanah liat dipadatkan dengan cara membanting-bantingkan ke alas papan atau lantai.

Membutsir ialah pekerjaan nan cukup menyenangkan, dibutuhkan keahlian, ketelitian, dan imajinasi. misalnya saja ingin dibentuk patung orang atau hewan membutuhkan gambar-gambar atau tahu bentuk tersebut.

Alat buat membutsir berbentuk menyerupai pisau nan dibaut dengan bambu atau kayu sebagai ganggangnya, ada juga nan terbuat dari dawai bertangkai kayu atau bambu. alat ini digunakan buat mengiris, mencungkil dan mengikis. hasilnya dapat berbentuk tiruan orang, binatang, tumbuhan dan benda-benda lainnya.

Cara mengerjakan:

  • Pertama untuk perencanaan, patung apa nan akan dibuat. lalu ambil segumpal tanah liat, bersihkan tanah liat . Biasanya diantara tanah liat terdapat batu-batu kerikil, atau butiran-butiran nan keras. jika ada bersihkan tanah liat dari benda-benda tersebut.
  • Apabila kurang lemas dan lembek campurkan dengan air dan lemaskan. Gunakan alas dapat dengan papan kayu atau ubin.

Contoh pembuatan dengan teknik kerajinan tanah liat :

Membuat Topeng Tanah Liat

1)     Ambil tanah liat dengan jumlah nan agak banyak. simpan di atas papan dan bentuk seperti paras atau bulat. Ratakan bagian bawah atau belakang topeng.

2)     Buatlah bagian-bagian hidung, mulut dan bagian paras lainnya. Untuk membuat lekukan atau lubang dapat dengan menggunakan alat penyudip.

3)     Untuk melengkapi bagian topeng dapat menggunakan bahan lain. Setelah selesai, jemur topeng sampai tanah liat kering.

Cara Memberi Rona Pada Kerajinan Tanah Liat

Hasil karya kalian akan lebih menarik jika diberi rona warni. dari mulai karya nan dibuat sebagai langkah awal sampai karya topeng. Caranya siapkan cat acrylic atau cat buat poster. siapkan kuas dengan beberapa ukuran, dapat ukuran No 1 buat mewarnai sudut nan kecil, No 3 buat mewarnai sudut nan sedang dan No 6 buat mewarnai permukaan nan luas.

Agar rona tak menggumpal, dapat dengan menambahkan air sedikit. Sebaiknya pisahkan warna-warna nan digunakan dari tempatnya dengan menggunakan wadah spesifik buat melukis. Pada topeng kalian dapat memunculkan imbas gradasi rona atau mewarnainya dengan pilihan dan cara nan kalian disukai.

Dengan catatan pekerjaan ragam keterampilan tangan dengan menggunakan tanah membutuhkan waktu nan cukup lama. Oleh karena membuat kerajinan/keterampilan tangan membutuhkan kesabaran dan ketelitian. ini semua agar bisa menghasilkan karya nan baik.

Pemilihan bahan dalam pembuatan ragam keterampilan tangan juga sangat berpengaruh pada hasil akhir dari keterampilan tersebut, Biasanya jika bahan dasar nan kita gunakan berkualitas dan bebas dari kotoran, maka kualitas kerajinan tangan kita akan diakui..