Menu Close

Pastikan Zoom Meeting Lancar Tanpa Kendala, Simak 6 Cara

zoom-meeting

Untuk memastikan rapat Zoom berjalan lancar tanpa masalah, simak 6 cara ini, salah satunya dengan mematikan video HD

zoom-meeting

Pastikan Zoom meeting berjalan lancar tanpa kendala, lihat 6 di bawah ini salah satunya mematikan video HD.

Di masa pandemi saat ini, sebagian besar karyawan atau pekerja melakukan pekerjaan dari rumah atau work from home (WFH), terutama untuk urusan rapat online.

Dengan WFH ini, Anda bisa menggunakan aplikasi video conference seperti Zoom untuk melakukan rapat online.

Karena hingga saat ini aplikasi rapat online Zoom masih menjadi pilihan utama bagi banyak pengguna internet yang ingin melakukan rapat online atau sekolah.

Namun sayangnya aplikasi ini masih sering mengalami masalah.

Anda mungkin mendapatkan peringatan “Koneksi Anda tidak stabil” atau koneksi tidak stabil saat menggunakan aplikasi Zoom. Hal ini diindikasikan karena terjadi kesalahan pada kualitas jaringan.

Untuk melakukan ini, Anda perlu mengurangi penggunaan jaringan agar tetap di bawah batas data. Cara menghemat penggunaan data internet saat menggunakan Zoom, seperti dikutip dari Cornell University.

1. Matikan kamera saat tidak digunakan.

Dalam rapat yang kurang penting, mematikan kamera adalah cara termudah untuk mengurangi jumlah data yang masuk dan keluar. Oleh karena itu, sebaiknya nonaktifkan kamera peserta untuk rapat yang Anda selenggarakan.

2. Matikan video HD.

Video resolusi HD membutuhkan lebih banyak data dengan kecepatan lebih tinggi. Jadi pertimbangkan untuk mematikannya jika kualitas gambar yang dikirim tidak menjadi masalah.

Cara mematikan video HD saat zoom

– Buka Zoom, klik Pengaturan (ikon roda gigi).

– Klik Video di menu sebelah kiri.

– Di bagian Video Saya, hapus centang pada kotak di sebelah Aktifkan HD jika dicentang.

Ilustrasi rapat zoom.
Ilustrasi rapat zoom.

3. Pisahkan layar hanya jika diperlukan.

Pastikan untuk berhenti berbagi layar saat Anda tidak perlu lagi melihat layar. Minta pengguna lain untuk mematikan berbagi layar mereka juga.

Untuk detail tentang cara mengaktifkan dan menonaktifkan berbagi layar, lihat fitur Berbagi Layar di situs web Zoom.

Baca juga: LENGKAP! Saat Anda menggunakan aplikasi PeduliLinden, periksa apa arti status warna terkait dengan vaksinasi Covid-19

4. Matikan audionya.

Meskipun tidak menggunakan bandwidth sebanyak video Anda, Anda juga dapat mengurangi bandwidth dengan menonaktifkan audio saat Anda tidak berbicara. Gunakan tombol bisu di sudut kiri bawah layar zoom untuk mengaktifkan dan menonaktifkan audio.

Anda juga dapat mempertimbangkan untuk menggunakan panggilan telepon untuk menyambung ke audio rapat Zoom daripada menggunakan audio komputer dalam rapat.

5. Gunakan opsi perekaman cloud untuk rapat Zoom.

Staf tuan rumah yang merekam sesi Zoom dapat menggunakan opsi perekaman cloud Zoom dan tidak perlu mengunggah dari komputer Anda.

Sumber :